PUASA SEBENTAR LAGI

Puasa Sebentar Lagi

Tiap kali melepas ramadhan dan melalui lebaran, semua kita berdoa "semoga kita dapat bertemu dengan ramadhan tahun yang kan datang". Tak terasa sebentar lagi Ramadhan tahun 1410 H di 2009 ini akan tiba. Nah sudah kah diri kita semua menyiapkan kehadiran bulan yang mulia tersebut? Bagaimanakah caranya agar bisa memasuki bulan tersebut dengan enjoy dan penuh barokah? Ada dua persiapan yaitu yang pertama adalah persiapan Fisik dan persiapan Pshykhis.

Persiapan Fisik adalah persiapan yang berhubungan dengan aktifitas personal secara jasadiyah. Misalnya adalah kebiasaan makan, kebiasaan begadang,atau kebiasaan lain yang merupakan bagian dari rutinitas fisik anda.Kalau dalam masa-masa ini cara atau kebiasaan makan kita tidak teratur dan semaunya saja, maka sudah saatnya kita mengatur pola makan kita.Paling tidak ada bagian lain dari kebiasaan makan itu dilakukan resetting atau tata ulang kembali. Kalau ada orang yang terbiasa ngemil baik di siang maupun di malam hari maka perlu diaturlah agarkebiasaan ngemil tersebut dikurangi sampai kemudian bisa dihilangkan.Ya ada waktu 2 bulan menuju puasa 1410 H kalau dihitung dari bulan Juni. Contoh Lain adalah mengalahkan kebiasaan olah raga di malam hari dengan sholat tarawih.

Persiapan Pshykis adalah persiapan mentalitas individu secara batiniyah atau (heartiyah)dan mewujudakan perasaan senang menghadapi bulan ramadhan. Niat puasanya memang dilakukan malam hari sebelum puasa di pagi harinya di bulan ramdhan. Tetapi niat kita untuk memasuki bulan ramdahan dan melakukan ibdah secara khusuk sudah harus dilakukan sejak sekarang. Prinsip niat kita dalam menghadapi bulan ramdahan adalah niat untuk meningkatkan kekhusukan dan keihklasan dalam menjalankan ibadah totalitas di bulan ramadhan.Jadi persiapan psikis ini akan mengantarkan kita bisa nyaman dalam beribadah dan partisipasi aktif pada bulan ramdahan. Meminta maaf kepada seluruh handai taulan, keluarga, aak, istri dan seluruh kearabat dan qarib adalah salah satu cara agar kita bersih secara emosional dan spiritual.

Akhirnya kepada saudarapsaudaraku yang kan berpuasa, selamat menyambut puasa 1410 H semoga Allah mempertemukan dengan bulan yang mulia. Amiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEBELAS HUKUM DISIPLIN KELIMA PETER SENGE

16 LANGKAH MEMBANGUN ORGANISASI BELAJAR

TIDAK BELAJAR : SENI WAYANG ORANG YANG MULAI HILANG